Membuat Efek Api (Plasma) Pada Teks Dengan Adobe Photoshop


Hallo para penggemar Design Grafis dimana pun anda berada, berjumpa lagi dengan saya Kurniawan si anak kampung asal Bogor. Kenapa jadi kaya pembawa acara berita gini ya..??
Maklum lah kebanyakan liat berita, abis saya demen banget sich dengan paras cantik para pembawa acara berita, tapi yang pembawa acara berita cewe ya... apalagi sama yang satu ini nich....!!

Iya betul sekali..... do'i adalah Marissa Anita, plototin aja dah fotonya, dia memiliki lesung pipi indah dan senyum yang manis, bahkan gula dan madu pun kalah manis sama do'i...!! Apalagi kalau do'i tersenyum, lututku langsung lemas dan ingin sekali rasanya mencubit pipinya itu. Dia pernah melanjutkan studinya di Australia dan menguasai 5 bahasa "kalau gak salah", jelas sekali bukan level saya, saya ini hanyalah anak kampung yang hanya lulusan SMA "kasih tak sampai"...ditambah lagi do'i udah punya suami, orang bule lagi suaminya "berhenti berharap"....
Kenapa jadi ngomongin news anchor ya "Marissa Anita"...?? 

OK, cukup sudah ngomongin si cantiknya, langsung saja kita menuju ke postingan saya kali ini, yaitu cara Membuat Efek Api (Plasma) Pada Teks Dengan Adobe Photoshop. Kali ini saya menggunakan Adobe Photoshop CS6.



Langsung saja kita mulai:

  1. Buat dokumen baru yang akan dijadikan Background dengan cara klik File > New (Ctrl+N) dan beri warna hitam mengunakan Paint Bucket Tool (G), dan atur seperti gambar berikut ini:
  2. Buat teks terserah kalian di layer Background tadi menggunakan Horizontal Type Tool (T). Disini saya akan membuat teks "Kulub Sampeu". Untuk warna teks saya sarankan pakai warna Orange ke kuning-kuningan. Ganti layer teks menjadi "teks 1" agar kita tidak pusing.
  3. Buat layer baru dengan nama "efek" dengan cara klik icon Create a New Layer (Shift+Ctrl+N).
  4. Fokus pada layer efek, dan pilih Filter > Render > Clouds. Untuk kotak pilih warna hitam.
  5. Masih pada layer efek pilih Filter > Sketch > Chrome. Untuk Adobe Photoshop CS6, Filter > Filter Gallery kemudian pilih Sketch > Crhome dan klik OK.
    Inilah hasil pekerjaan kita untuk sementara.
  6. Ganti Blending Mode layer efek menjadi Color Dodge.
  7. Duplikat/copy (Ctrl+J) layer teks 1 sebanyak 3x. Dan ganti nama layer menjadi "teks 2, teks 3 dan teks 4"
    .
  8. Fokus ke layer teks 1 kemudian pilih Filter > Blur > Motion Blur, atur seperti gambar dibawah ini. Klik OK jika selesai.
  9. Sekarang fokus ke layer teks 2, lakukan langkah seperti tadi Filter > Blur > Motion Blur, tapi sekarang Angle nya diisi dengan -45.
  10. Sekarang mari kita fokus ke layer teks 3, pilih Filter > Blur > Glussian Blur, untuk Radius atur menjadi 55 pixel dan klik OK jika selesai.

    Jika langkah-langkahnya benar maka hasil gambar sementara akan seperti ini.
  11. Sekarang kita gabungkan layer teks 1, teks 2 dan teks 3 dengan cara tekan Ctrl dan klik satu persatu layer teks, kemudian tekan (Ctrl+E).
  12. Sekarang kita beralih ke layer teks 4, ganti warna layer teks 4 menjadi hitam. Caranya lihat gambar.Atur Opacity layer teks 4 menjadi 90 %.

  13. Fokus ke layer teks 4 dan klik kanan kemudian pilih Blending Options atau bisa juga dengan klik Layer > Layer Style > Blending Options.
     Ceklis Bevels and Emboss:
    Warna Higllight Mode:# 905100
    Ceklis Outer Glow:
    Warna: # ff9e2c
    .
Akhirnya selesai juga hasil pekerjaan kita, dan inilah gambar hasil akhirnya.

Jika kalian merasa teksnya kurang jelas, kalian bisa memperjelas lagi teksnya dengan cara Duplikat layer teks 4 (Ctrl+J), kemudian atur Blending Mode menjadi Softlight dan atur Opacity sesuai dengan yang kalian inginkan.Disini saya merubah Opacity menjadi 60 %.



Dan inilah hasil akhir dari karya saya.




Dengan penuh rasa haru akhirnya saya  berhasil membuat efek api pada teks, "sambil berderai air mata".
(Drama Lebai).
 



SEMOGA BERMANFA'AT
GOOD LUCK

Related Post