Cara membersihkan kasur yang benar dan sehat


Berikut merupakan tips tentang cara merawat dan membersihkan kasur tempat tidur yang aman,sehat dan benar agar kasur anda bersih dan pastinya bisa membuat tidur anda nyenyak dan nyaman.

Pentingnya membersihkan kasur bagi anda

Bahkan jika kasur Anda tidak terlihat kotor, penting untuk dicatat bahwa tungau debu, bakteri, dan bau apek terikat untuk menumpuk dari waktu ke waktu. Dan lebih dari itu, tidur di atas kasur yang bersih dan beraroma segar sebenarnya dapat membantu Anda mendapatkan abcd yang lebih baik juga.
Alasan penting anda harus membersihkan tempat tidur setiap saat, diantaranya :
1. Tungau,Tungau debu adalah hama seperti serangga kecil yang memakan dari sel-sel kulit yang Anda tumpahkan setiap malam. Dan karena Anda menumpahkan jutaan sel kulit per minggu, kasur rata-rata berisi puluhan ribu tungau debu menunggu makanan mereka berikutnya.
2. Aleri,Melemparkan dan membalik di tempat tidur dapat membangkitkan partikel debu yang hidup di kasur Anda, dan melepaskannya ke kamar tidur Anda. Bahkan jika Anda tidak alergi debu, menghirupnya sepanjang malam dapat menyebabkan hidung tersumbat, mata gatal / berair, dan iritasi tenggorokan.
3. Berkeringat saat tidur,Terlepas dari apakah Anda berlari panas atau dingin, Anda cenderung berkeringat saat Anda tidur. Keringat dari tubuh Anda langsung masuk ke permukaan kasur Anda, menjadikannya tempat berkembang biak yang lembab bagi bakteri.
4. Tidru nyenyak,Dan akhirnya, Anda mungkin akan tidur lebih nyenyak jika tahu kasur Anda tidak merangkak dengan tungau debu. Bahkan, membuat tempat tidur Anda di pagi hari, menjaga seprai Anda bersih, dan beristirahat di kasur yang bersih dapat membantu Anda tertidur lebih cepat dan tidur nyenyak sepanjang malam.

Dengan semua yang dikatakan, membersihkan kasur secara dalam setidaknya dua kali setahun akan mengurangi penumpukan bakteri dan membantu menjaga alergi . Tentu saja, kecelakaan terjadi dan kadang-kadang tempat tidur Anda menjadi berantakan sehingga perlu pembersihan segera. Jadi sebelum saya memberi tahu Anda cara membuat ruang tidur Anda bercahaya lagi, mari bicarakan persediaan.

Perlengkapan sebelum membersihkan tempat tidur

Ada berbagai cara untuk membersihkan kasur Anda, banyak di antaranya termasuk solusi pembersihan nama-merek populer yang dapat Anda temukan online atau di toko. Tetapi saya menunjukkan kepada Anda metode DIY karena efektif, tidak beracun, dan melibatkan barang-barang rumah tangga dasar yang mungkin sudah Anda miliki.
Perlengkapan yang dibutuhkan :
Hidrogen peroksida

Beberapa kotak soda kue (itu tergantung pada ukuran tempat tidur Anda, tetapi saya sarankan memiliki setidaknya tiga kotak di sisi yang aman)

Sabun cuci piring jernih (tidak ada warna hijau atau biru karena bisa menodai kasur Anda)

Cuka suling putih

Botol semprot

Sebuah sikat gigi

Beberapa kain putih

Penyedot debu

Ayak (opsional)

Minyak atsiri (opsional)
Setelah Anda mengumpulkan persediaan Anda, saatnya untuk pergi ke kamar tidur dan melepas kasur Anda dari semua tempat tidur. Saat Anda mengumpulkan semua seprai dan bantal Anda.
Biarkan saya mulai dengan mengatakan bahwa membersihkan kasur Anda tidak akan membuatnya tampak baru lagi, dan penting untuk menetapkan harapan yang masuk akal sebelum Anda mulai. Bagaimanapun, setiap noda dan kasur berbeda, dan ada beberapa faktor kunci yang perlu diingat saat Anda membersihkan.
1. noda lama atau baru,Penting untuk diingat bahwa noda yang baru saja Anda buat di kasur mungkin akan hilang lebih cepat dan lebih sempurna daripada noda yang sudah ada selama bertahun-tahun.
2. Noda Gelap apa terang, Demikian pula, noda yang sangat gelap yang dibuat oleh hal-hal seperti kopi atau coklat mungkin masih sedikit terlihat pada saat Anda selesai membersihkan. Jangan khawatir, ini tidak berarti kasur Anda tidak bersih; itu hanya berarti bahwa noda itu terlalu gelap untuk dihapus seluruhnya (terutama jika kasur Anda berwarna putih).
3. Waktu & Kesabaran, Sebelum Anda mengambil botol semprot Anda, sangat penting untuk dicatat bahwa membersihkan kasur secara mendalam membutuhkan waktu dan kesabaran. Di antara semua penghisap debu dan penyemprotan dan pengeringan, ini bukan tugas yang harus diambil ketika Anda memiliki waktu luang 15 menit. Sebaliknya, Anda harus menyisihkan satu hari penuh, dan berencana untuk tidur di sofa sementara kasur Anda mengering.

Cara membersihkan kasur

Digambarkan di bawah ini adalah panduan langkah demi langkah saya untuk membersihkan kasur Anda dengan dalam. Simpan semua persediaan di dekat Anda sebelum Anda mulai, dan ganti dengan pakaian yang Anda tidak keberatan mengotori (Anda akan membuat sendiri soda kue).

1. Sedot kasur dengan vacum

Setelah Anda mengangkat semua tempat tidur dan kasur Anda benar-benar kosong, bersihkan bagian atasnya. Ini akan menyingkirkan lapisan debu pertama, bulu hewan peliharaan, dan partikel tak terlihat lainnya yang nongkrong di permukaan kasur Anda. Vakum apa pun bisa dilakukan, tetapi Anda mungkin menemukan bahwa menggunakan vakum genggam lebih mudah untuk bermanuver.

2. Taburkan baking soda

Kemudian, taburkan lapisan baking soda yang merata di seluruh kasur Anda. Jangan takut untuk menggunakan terlalu banyak, itu tidak akan menyakiti apa pun; hanya pastikan itu didistribusikan secara merata (Anda mungkin menemukan bahwa menggunakan ayakan adalah cara yang baik untuk mencapainya).
Sekarang gunakan sikat penyedot debu atau sikat gigi untuk menggosok baking soda ke kasur. Secara pribadi, saya lebih suka menggunakan sikat penyedot karena bulunya lebih tebal dan dapat digosok lebih keras. Atur pengatur waktu selama sepuluh menit, dan biarkan soda kue melakukan hal itu. Ingatlah bahwa baking soda mengangkat bau dan kelembaban buruk dari kasur Anda, jadi penting untuk membiarkannya selama setidaknya 10 menit.

3. Bersihkan kembali dengan vakum

Bersihkan kasur lagi. Anda mungkin akan melihat bahwa ruang hampa Anda telah diisi dengan soda kue, jadi silakan kosongkan sebelum Anda memulai langkah berikutnya. Bagi saya, ini semudah membuka ruang vakum dan membuang soda kue ke tong sampah; tetapi Anda mungkin menemukan bahwa Anda perlu memberikan beberapa ketukan dan getar untuk mengosongkannya sepenuhnya.

4. campuran larutan pembersih

Sekarang ambil botol semprot Anda dan buat larutan pembersih Anda. Dalam botol, tambahkan satu cangkir hidrogen peroksida, satu cangkir air dingin, dan dua semprotan sabun cuci piring. Lalu, kocok!

5. Semprotkan pembersih yang sudah dicampur

Semprotkan larutan ke seluruh kasur Anda dan periksa bintik-bintik kering dengan tangan Anda untuk memastikan seluruh permukaan tertutup. Dan jika Anda khawatir tentang menyentuh solusi dengan tangan kosong, jangan khawatir - ramuan pembersih ini sama sekali tidak beracun!

5. Diamkan kasur

Diamkan kasur sampai 10 jam, dan usakan kasur tidak di tiduri selama 10 jam agar solusi pembersihan dapat memberikan efek penuh, jadi rencanakan untuk menghabiskan malam di sofa atau kasur udara.

6. gosok kasur Anda dengan sikat

Setelah setidaknya delapan jam berlalu, gosok kasur Anda dengan sikat untuk memecah residu soda kue. Untuk ini, saya sarankan menggunakan sikat penyedot karena bulunya lebih kaku, lebih kuat, dan lebih baik dalam memecah residu.

7. Sedot dengan vakum

Akhirnya, bersihkan semuanya, dan kagum dengan apa yang bisa dilakukan barang-barang rumah tangga sederhana ini. Perlu diingat bahwa Anda mungkin harus menyedotnya beberapa kali untuk memastikan semua sisa soda kue hilang. Saya sarankan Anda menyedotnya sekali, lalu kocok kasur dengan kain (atau raket tenis jika Anda ingin menjadi tua-sekolah!), Dan kemudian menyedotnya lagi. Mengalahkan kasur akan membuat partikel-partikel soda kue bergerak dan bergerak, membuatnya lebih mudah untuk menyedot semuanya.

Nah setelah semua telah dilakukan tinggal pasang kembali sprei yang baru, dan ganti sarung bantal yang bersih, dan tidur anda pun akan nyenyak dan sehat.

Related Post